6 Matematikawan Dunia



1.       Karl Friedrich Gauss
                Gauss (1776 – 1855), seorang matematikawan berkebangsaan Jerman, menemukan bilangan kompleks dan menyumbang pada sains serta statistika. Kerjanya yang paling revolusioner berkenaan dengan geometri non – Euclid yang ada sejak dahulu, yang berkenaan dengan benda – benda pada bidang – bidang atau ruang biasa, garis – garis yang sejajar tidak akan pernah bertemu. Tidak demikian halnya, didalam geometri non – Euclid, garis – garis sejajar dapat bertemu bahkan berpotongan.
2.       Gottfriend Leibniz (1646 – 1716)
                Dilahirkan di Leipzig Jerman. Dalam matematika ia benar – benar mempelajarinya secara otodidiak dan mungkin sangat dikenal karena karyanya yaitu kalkulus pada tahun 1675, yang ia kembangkan sendiri dari Sir Isaac Newton. Ia juga menciptakan mesin perhitungan pertama. Pada tahun 1679 Leibniz menyempurnakan system biner, sekarang secaraluas digunakan dalam dunia computer dan elektronik. Ia melihat adanya misteri dalam system tersebut, dimana ia menyamakan angka 1 dengan Tuhan dan 0 dengan ketiadaan.
3.       Girolamo Cardano
                Cardano (1501 – 1576) adalah seorang ahli matematika dan fisika asal Italia. Pada tahun 1545 ia menerbitkan sebuah buku, Ars Magna (Great Art), dimana ia menjelaskan bagaimana menyelesaikan persamaan – persamaan bikuadrat dan kubik, dimana pangkat tertingginya adalah 4 dan 3 secara berurutan. Hasil ini seringkali terlihat sebagai batasan awal dari matematika modern. Ia juga dikenal karena ketertarikannya akan permainan tebak – tebakan dan astrologi. Pada tahun 1570 Cardano ditangkap karena dianggap bid’ah; ia menghabiskan waktu selama beberapa bulan di penjara, dan tidak diperbolehkan lagi untuk menerbitkan buku – buku.
4.       Blaise Pascal
                Blaise Pascal (1623 – 1662) seorang Prancis yang membaktikan seluruh hidupnya untuk matematika, bahkan bisa disebut matematikawan terbaik pada jamannya. merupakan keajaiban dalam dunia matematika. Segitiga aritmatika yang ditunjukkan disini telah dikenal selama 600 tahun, tetapi Pascal menemukan bahwa banyak dari sifat – sifat segitiga dihubungkan dengan barisan – barisan dan deret – deret yang istimewa.
Pada usia 17 tahun ia sudah menulis esai tentang kerucut. Belum sampai 20 tahun ia menjadi salah seorang yang pertama menemukan perhitungan – perhitungan mekanika. Ia meninggal di usia 39 tahun, tetapi sebelumnya telah bekerja sama dengan Pierre de Fermat meletakkan dasar – dasar probabilitas. Segitiga Pascal adalah salah satu yang digunakan untuk menghitung banyak cara memilih r unsur dari n unsur yang ada.
 Barisan Segitiga Pascal






1











1

1









1

2

1







1

3

3

1





1

4

6

4

1



1

5

10

10

5

1

1

6

15

20

15

6

1

5.       Fibonacci
                Fibonacci, yang nama lengkapnya adalah Leonardo of Pisa (1180 – 1250), adalah putra seoran g saudagar Italia. Dalam perjalanannya ke Eropa dan Afrika Utara, ia mengembangkan kegemarannya akan bilangan. Dalam karya terbesarnya, Liber Abaci; ia menjelaskan suatu teka – teki yang membawanya kepada apa yang sekarang kita kenal sebagai barisan bilangan Fibonacci. Barisannya adalah 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, …. Setiap bilangan atau angka dalam barisan ini merupakan jumlah dari dua bilangan sebelumnya (1 + 1 = 2, 1 + 2 = 3, 2 + 3 = 5, ….). Barisan Fibonacci bisa kita teliti dalam susunan daun pada bunga atau segmen – segmen dalam buah nanas atau biji cemara.
6.       Benoit Mandelbrot
                Mandelbrot (lahir tahun 1924), seorang matematikawan Amerika, mengembangkan sebuah cabang matematika yang dinamakan geometri fractal, yang telah membantu banyak matematikawan untuk menganalisis ketidakteraturan dalam berbagai system.ia memulai penelitiannya pada saat menyelesaikan permasalahan di perusahaan computer IBM. Subjek – subjek penelitiannya mulai dari fluktuasi di pasar saham sampai kepada masalah – masalah linguistik dan kumpulan – kumpulan galaksi.
                Mandelbrot menyadari bahwa semua permasalahan tersebut berhubungan satu sama lain. Mereka menunjukkan pola – pola perubahan yang acak, tetapi pada saat pola – pola tersebut berubah menjadi elemen – elemen yang lebih kecil, variasinya tetap dengan pola yang sama. Pada tahun 1975 ia menerbitkan buku The Fractal Geometry of Nature, sebuah buku yang penuh dengan grafik computer yang indah yang mengilustrasikan prinsip – prinsip geometri fractal dalam bentuk visual. Mandelbrot set, sebuah pola yang dibuat dengan cara memasukkan sebuah persamaan ke dalam computer secara berulang – ulang, berasal dari namanya.

Komentar